Penulis / NIM
SRI MARHAYULYA MOHI / 151411292
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Sri Marhayulya Mohi. 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyimak Dialog Melalui Model Pembelajaran Koperatif Tipe Student Team Achivement Division Di Kelas III SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evie Hasyim,M.Pd Pembimbing II Wiwy T Pulukadang,S.Pd,M.Pd
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah model pembelajaran koperatif tipe Student Team Achivement Division dapat meningkatkan kemampuan siswa menyimak dialog di kelas III SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo ? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menyimak dialog di kelas III SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo melalui model pembelajaran koperatif tipe Student Team Achivement Division
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jumlah siswa yang memiliki kemampuan menyimak dialog dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe Student Team Achivement Division pada siklus 1 sebanyak 16 siswa atau sebesar 66.67%, dan menunjukkan peningkatan yang signifikan pada siklus 2 yaitu sebanyak 21 siswa atau sebesar 87.50%, sehingga indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu jika kemampuan siswa menyimak dialog berkembang menjadi 85%, dari keseluruhan jumlah siswa yang ada di kelas III SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo, telah terpenuhi.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran koperatif tipe Student Team Achivement Division dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimak dialog.
Kata Kunci : Menyimak, Model STAD
Download berkas