SKRIPSI

Penulis / NIM
FATMAWATY / 151411296
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK Fatmawaty,2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Siklus Air Melalui Pendekatan Brain Based Learning di Kelas V SD Katolik Santa Maria Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI,S. Pd,M.Pd Pembimbing II.: Irvin Novita Arifin S.Pd, M. Pd. Permasalahan dalam penelitian ini apakah penggunaan pendekatan Brain Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi siklus air di kelas V SD Katolik Santa Maria Kota Selatan Kota Gorontalo ? Adapun tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui Pendekatan Brain Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi Siklus Air di kelas V SD Katolik Santa Maria Kota Selatan Kota Gorontalo. Adapun hipotesis tindakan pada penelitian ini adalah Jika dalam pembelajaran tentang siklus air digunakan pendekatan Brain Based Learning maka hasil belajar siswa di kelas V SD Katolik Santa Maria Kota Selatan Kota Gorontalo akan meningkat. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I, dari jumlah siswa sebanyak 19 orang, siswa yang memperoleh nilai yang mencapai ketuntasan sesuai indikator kinerja mencapai 75%. Dari hasil yang dicapai pada siklus I adalah 42,10%. Hal ini belum berhasil, sehingga dilaksanakan tindakan ke siklus II, hasil yang diperoleh dengan ketuntasan mencapai 84,21%. Hasil capaian ini melebihi target yang telah ditetapkan. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan pendekatan Brain Based Learning pada materi siklus air di kelas V SD Katolik Santa Maria Kota Selatan Kota Gorontalo telah menunjukkan keberhasilan sesuai indikator kinerja yang ditetapkan. Kata Kunci :Hasil Belajar, siklus air, pendekatan pembelajaran brain based learning
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011