SKRIPSI

Penulis / NIM
SERLI LAMRUGA / 151411297
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK Serly Lamrunga. 2013. “Meningkatkan pemahaman siswa terhadap peran dan kedudukan anggota keluarga melalui model make a match di kelas II SDN No. 87 Kota Tengah Kota Gorontalo” Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra. Hj. Hakop Walangadi,M.Si dan pembimbing II. Nurhayati Tine, S.PdI. M.Hi Permasalahan dalam penelitian ini adalah keaktifkan siswa masih kurang pada saat proses belajar mengajar berlangsung, guru belum mampu menciptakan suasana yang menyenangkan ketika proses belajar-mengajar IPS sehingga para siswanya menjadi jenuh dan bosan dan pemahaman belajar siswa materi peran dan kedudukan anggota keluarga masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman peran dan kedudukan anggota keluarga melalui model make a match pada siswa kelas II SDN No. 87 Kota Tengah Kota Gorontalo. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini ialah jika menggunakan model make a match maka pemahaman peran dan kedudukan anggota keluarga pada siswa kelas II SDN No 87 Kota Tengah Kota Gorontalo akan meningkat. Dari hasil penelitian pada pembelajaran siklus I diproleh data 4 indikator masih terdapat 2 indikator dengan prosentase 66,66 % yaitu ketepatan jawaban dan waktu, sementara 2 indikator yaitu kerjasama dan disiplin masing-masing dengan prosentase 75 % dan 70,83 %. Sedangkan siklus II dari 4 indikator telah berhasil dan meningkat jika dibandingkan dengan hasil yang diperoleh pada siklus I. Pada indikator ketepatan jawaban 83,33 %, waktu 83,33%, kerjasama 91,66 % dan disiplin 91,66 %. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan maka penulis menyimpulkan bahwa dengan menggunakan model Make A Match pemahaman siswa terhadap peran dan kedudukan anggota keluarga pada siswa kelas II SDN No. 87 Kota Tengah Kota Gorontalo meningkat. Kata Kunci : Pemahaman, model pembelajaran Make A Match.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011