Penulis / NIM
YULAN ABDULLAH / 151411299
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Yulan Abdullah. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Energi Gerak
Melalui Metode Demonstrasi Di Kelas III SDN No. 82 Kota Tengah Kota Gorontalo.
Pembimbing I Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd M.Pd dan Meylan Saleh, S.Pd M.Pd Masalah
penelitian ini yaitu Apakah dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan
hasil belajar siswa pada konsep energy gerak di kelas III SDN No. 82 Kota Tengah Kota
Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada energy gerak
melalui metode demonstrasi di kelas III SDN No. 82 Kota Tengah Kota Gorontalo. Penelitian
dilaksanakan di SDN No. 82 Kota Tengah Kota Gorontalo kelas III dengan jumlah siswa 20
orang yang terdiri dari laki-laki 12 perempuan 8 orang. Penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan materi energy gerak. Dari kegiatan
hasil kegiatan dalam 2 siklus terlihat bahwa pada data observasi awal prosentase ketuntasan
hasil belajar hanya 25 % atau 5 orang siswa yang tuntas. Siklus I menjadi 35 % atau 7 orang
siswa. Oleh karena pada siklus I belum mencapai 75 % maka tindakan dilanjutkan ke siklus II
dan terjadi kenaikan prosentase hasil belajar menjadi 90 % atau 18 orang siswa yang tuntas.
Hal ini menunjukkan bahwa indicator kinerja dalam penelitian ini telah tercapai. Simpulan
dari penelitian ini adalah bahwa penerapan metode demonstrasi pada materi tentang energy
gerak pada pelajaran IPA terbukti hasil belajar siswa meningkat dengan baik.
Kata Kunci : energy gerak, metode demonstrasi.
Download berkas