Penulis / NIM
ROHANA IBRAHIM / 151411302
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Abstrak
ABSTRAK
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan pendekatan komunikatif kemampuan menyimpulkan cerita pada siswa kelas IV SDN No 24 Dungingi Kota Gorontalo dapat meningkat? Adapun tujuan penelitian adalah Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimpulkan cerita melalui pendekatan komunikatif di kelas IV SDN No 24 Dungingi Kota Gorontalo.
Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatak komunikatif, dan subjek dalam penelitian ini adalah 23 siswa, terdiri dari 12 laki-laki dan 11 perempuan kelas IV SDN 24 Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo.
Hasil kemampuan siswa dalam menyimpulkan cerita melalui pendekatan komunikatif dapat ditingkatkan, yang ditunjukan dengan indikator kinerja Untuk kemampuan siswa dalam menyimpulkan cerita minimal 75 % dari jumlah keseluruhan siswa yang dikenai tindakan mampu menyimpulkan cerita dengan baik yang ditunjukan dengan memperoleh nilai 70 ke atas. Dengan rincian perolehan sebagai berikut : siklus I untuk persentase kemampuan menyimpulkan cerita siswa dengan pendekatan komunikatif dengan perolehan nilai minimal 70 nampak 17 orang siswa atau 74 %. sedangkan untuk tindakan pembelajaran siklus II, hasil kemampuan siswa dalam menyimpulkan cerita telah meningkat hingga mencapai 96 % dari hasil sebelumnya.
Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus dapat di simpulan bahwa dengan menggunakan pendekatan komunikatif pada siswa kelas IV SDN 24 Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo hasil kemampuan siswa dalam menyimpulkan cerita meningkat.
Kata kunci : Kemampuan menyimpulkan dan Pendekatan komunikatif
Download berkas