Penulis / NIM
RISNA MARDIN ALAMATI / 151411304
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Abstrak
ABSTRAK
Risna Alamati 2013 Meningkatkan kemampuan siswa membaca puisi melalui
metode pemberian tugas di kelas III SD laboratorium UNG Kecamatan Kota
Selatan Kota Gorontalo. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra.
Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II Dr. Hj Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui metode pemberian
tugas kemampuan siswa membaca puisi dapat ditingkatkan pada siswa kelas III
SD Laboratorium UNG Kota Gorontalo? Adapun tujuan penelitian adalah untuk
Meningkatkan kemampuan siswa membaca puisi melalui metode pemberian tugas
di kelas III SD Laboratorium UNG Kecamatan Kota selatan Kota Gorontalo.
Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan
metode pemberian tugas, dan subjek dalam penelitian ini adalah 21 orang siswa
kelas III SD Laboratorium UNG Kota Gorontalo.
Hasil kemampuan siswa membaca puisi melalui metode pemberian tugas dapat
ditingkatkan, Dengan rincian perolehan sebagai berikut : siklus I untuk ketuntasan
kemampuan siswa dalam membaca puisi melalui metode pemberian tugas siswa
dengan perolehan nilai minimal 75 nampak hanya 14 orang siswa atau 67 %.
Sedangkan untuk tindakan pembelajaran siklus II, hasil kemampuan siswa dalam
membaca puisi telah meningkat hingga mencapai 95 % dari hasil sebelumnya.
Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama
dua siklus dapat di simpulan bahwa dengan menggunakan metode pemberiian
tugas pada siswa kelas III SD Laboratorium UNG Kota Gorontalo hasil
kemampuan siswa membaca puisi meningkat.
Kata kunci : Kemampuan dan Metode pemberian tugas
Download berkas