Penulis / NIM
ALFANDRI N YASIN / 151411305
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstrak
ABSTRAK
Alfandri N. Yasin. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Menghargai Perjuangan Para Tokoh Dalam Mempertahankan Kemerdekaan Melalui Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDN 27 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd M.Si dan Pembimbing II Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan melalui media audio visual hasil belajar siswa materi menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 27 Limboto Kabupaten Limboto akan meningkat? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan melalui media audio visual pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 27 Limboto Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas.
Pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan melalui media audio visual hasil belajar siswa belum mencapai indikator yang diharapkan. Sehingga dilaksanakan siklus II sebagai refleksi dari siklus I. Pada siklus II terjadi peningkatan yakni dari 10 siswa yang tidak tuntas atau 45 % meningkat menjadi 19 orang atau 86 % sedangkan daya serap meningkat menjadi 88 % atau indikator kinerja tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan melalui media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi menghargai perjuangan para tokoh dalam memperjuangan kemerdekaan.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Media Audio Visual
Download berkas