SKRIPSI

Penulis / NIM
SITI FATRIANTI / 151411306
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK Siti Fatrianti, 2013. Meningkatkan hasil belajar siswa tentang jenis-jenis tanah melalui model pembelajaran Problem Based Instruction di kelas V SDN No.85 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI,S.Pd, M.Pd Pembimbing II : Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M. Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction hasil belajar siswa tentang jenis-jenis tanah di kelas V SDN No.85 Kota Tengah Kota Gorontalo akan meningkat ? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang jenis-jenis tanah melalui model pembelajaran Problem Based Instruction di kelas V SDN No.85 Kota Tengah Kota Gorontalo. Adapun hipotesis tindakan pada penelitian ini adalah Jika dalam pembelajaran tentang jenis-jenis tanah digunakan model pembelajaran Problem Based Instruction, maka hasil belajar siswa di kelas V SDN No.85 Kota Tengah Kota Gorontalo akan meningkat. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa dari 26 siswa yang dikenai tindakan terdapat 14 orang atau 53,84% memperoleh nilai 70 ke atas, sedangkan 12 orang atau 46,15% lainnya memperoleh nilai kurang 70. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan peningkatan, dimana dari 26 siswa terdapat 23 orang atau 88,46% yang memperoleh nilai 70 ke atas, sedangkan 3orang atau 11,53% memperoleh nilai kurang 70, sehingga dapat disimpulkan bahwa indikator keberhasilan 75% dari keseluruhan jumlah siswa telah tercapai. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Instruction pada materi jenis-jenis tanah dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN No.85 Kota Tengah Kota Gorontalo. Kata Kunci: Hasil belajar, Jenis-jenis tanah , Model pembelajaran Problem Based Instruction
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011