Penulis / NIM
SITI FATRIANTI / 151411306
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Siti Fatrianti, 2013. Meningkatkan hasil belajar siswa tentang jenis-jenis tanah melalui model pembelajaran Problem Based Instruction di kelas V SDN No.85 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI,S.Pd, M.Pd Pembimbing II : Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M. Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction hasil belajar siswa tentang jenis-jenis tanah di kelas V SDN No.85 Kota Tengah Kota Gorontalo akan meningkat ? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang jenis-jenis tanah melalui model pembelajaran Problem Based Instruction di kelas V SDN No.85 Kota Tengah Kota Gorontalo. Adapun hipotesis tindakan pada penelitian ini adalah Jika dalam pembelajaran tentang jenis-jenis tanah digunakan model pembelajaran Problem Based Instruction, maka hasil belajar siswa di kelas V SDN No.85 Kota Tengah Kota Gorontalo akan meningkat. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa dari 26 siswa yang dikenai tindakan terdapat 14 orang atau 53,84% memperoleh nilai 70 ke atas, sedangkan 12 orang atau 46,15% lainnya memperoleh nilai kurang 70. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan peningkatan, dimana dari 26 siswa terdapat 23 orang atau 88,46% yang memperoleh nilai 70 ke atas, sedangkan 3orang atau 11,53% memperoleh nilai kurang 70, sehingga dapat disimpulkan bahwa indikator keberhasilan 75% dari keseluruhan jumlah siswa telah tercapai. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Instruction pada materi jenis-jenis tanah dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN No.85 Kota Tengah Kota Gorontalo.
Kata Kunci: Hasil belajar, Jenis-jenis tanah , Model pembelajaran Problem Based Instruction
Download berkas