Penulis / NIM
RAMDAN RUSTAM MUNAP H NENTO / 151411308
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstrak
ABSTRAK
RAMDAN RUSTAM MUNAP H. NENTO. 2013.Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa pada Materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia melalui Media Visual di
Kelas 5 SDN 1 Tabongo Kabupaten Gorontalo.Penelitian Tindakan Kelas,
Program Studi S-1 PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu
Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud,
S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si.
Permasalahan utama yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah melalui
penggunaan media visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi
persiapan kemerdekaan Indonesia di kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 1 Tabongo
Kabupaten Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil
belajar siswa pada materi persiapan kemerdekaan Indonesia melalui penggunaan
media visual di kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 1 Tabongo Kabupaten
Gorontalo.Metode yang digunakan adalah metode penulisan Penelitian Tindakan
Kelas. Hasil penelitian menunjukkan pada observasi awal diperoleh realitas
bahwa hasil belajar siswa pada materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia melalui
penggunaan Media Visual di kelas 5 SDN 1 Tabongo kabupaten Gorontalo sangat
rendah dengan persentase ketuntasan hanya mencapai 36.84%. Kemudian
mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan sebesar 63.16% pada siklus
I. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 78.94% dari jumlah siswa
sebanyak 19 orang. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar siswa
pada materi Persiapan Kemerdekaan Indonesiadapat ditingkatkan melalui
penggunaan media visual.
Kata Kunci : Kemerdekaan, Media Visual, Hasil Belajar.
Download berkas