Penulis / NIM
RIYANTI M. USMAN / 151411309
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Riyanti M. Usman. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Hubungan Antar Sumber
Daya Alam Dengan Lingkungan Melalui Model Pembelajaran Cooperative Tipe think phair
share Kelas IV SDN 2 Tabongo Kecamatan Tabongo.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, MPd Pembimbing II: Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah hasil belajar siswa kelas IV SDN 2
Tabongo terhadap materi hubungan sumber daya alam dengan lingkungan dapat ditingkatkan
melalui penggunaan model cooperative tipe think phair share Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar belajar siswa terhadap materi hubungan sumber daya alam dengan lingkungan melalui model Cooperative tipe think phair share kelas IV di SDN 2 Tabongo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar pada siklus 1, dimana dari 25 siswa yang dikenai tindakan, sebanyak 19 orang atau 76% telah memperoleh nilai diatas 75, sedangkan 6 orang atau 24% memperoleh nilai dibawah 75. Sedangkan pada siklus 2, dari 25 siswa yang dikenai tindakan, sebanyak 22 orang atau 88% telah memperoleh nilai diatas 75, sedangkan 3 orang atau 12% memperoleh nilai dibawah 75. Hal ini berarti indikator keberhasilan dalam penelitian ini telah mencapai 85% yang berarti proses tindakan selesai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini adalah jika model pembelajaran cooperative think phair share diterapkan, maka hasil belajar siswa di kelas IV SDN 2 Tabongo pada hubungan antar sumber daya alam dengan lingkungan akan meningkat.
Kata Kunci : Hasil belajar model pembelajaran cooperative tipe think phair share sumber daya alam dengan lingkungan
Download berkas