SKRIPSI

Penulis / NIM
MARWATY MOHAMAD / 151411311
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK Marwaty Mohamad. 2015. Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di SDN 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Hj. Asni Ilham, S. Pd., M. Si dan Pembimbing II: Dra. Samsiar RivaI, S.Pd., M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah upaya guru dalam memotivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika di SDN 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango? Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam memotivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika di SDN 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Metode ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan bagaimana upaya guru dalam memotivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan angket sebagai bagian utama dari penelitian, menunjukkan bahwa terdapat dua indikator yang memperoleh klasifikasi tertinggi yaitu indikator tentang menjelaskan tujuan belajar kepada siswa yang memperoleh hasil 83,33% dengan klasifikasi tinggi, serta indikator tentang membantu kesulitan belajar siswa baik secara individual maupun komunal (kelompok) yang memperoleh hasil 77,64% dengan klasifikasi tinggi. Dengan demikian, berdasarkan hasil rekapitulasi indikator dari yang terendah hingga mencapai hasil yang tertinggi, maka disimpulkan bahwa upaya guru dalam memotivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika di SDN 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango sudah berjalan secara optimal. Kata Kunci : Upaya Guru, Motivasi Belajar, Pembelajaran Matematika. ABSTRACT Marwaty Mohamad. Attempts 2015. Teachers in Motivating Student Learning in Mathematics Learning in SDN 2 Suwawa Bone Bolango District. Thesis, Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Adviser I: Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd., M. Si and Adviser II: Dra. Samsiar Rivai, S.Pd., M.Pd The problem in this research is how the efforts of teachers to motivate students in the learning of mathematics in SDN 2 Suwawa Bone Bolango District? As this study aims to describe the efforts of teachers to motivate students in the learning of mathematics in SDN 2 Suwawa Bone Bolango District. The method used in this research is quantitative descriptive method. This method is intended to describe how the efforts of teachers to motivate students in learning mathematics. Based on the results of research using questionnaires as the main part of the study, indicate that there are two indicators that received the highest classification indicator on explaining the purpose of study to students who obtain the results of 83.33% with a higher classification, as well as indicators of helping students' learning difficulties either individually or communal (group) who obtained results of 77.64% with a higher classification. Based on the recapitulation of the lowest indicator to achieve the highest result, it was concluded that the efforts of teachers to motivate students in learning of mathematics in SDN 2 Suwawa Bone Bolango District has been running optimally. Keywords: Teacher Effort, Motivation, Learning Mathematics.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011