Penulis / NIM
WIWIN KARIM / 151411312
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK
Wiwin Karim. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kelas Rangkap di Kelas I dan II SDN 5 Ponelo Desa Malambe Kecamatan Ponelo Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah dengan pembelajaran kelas rangkap dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas I dan II SDN 5 Ponelo? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kelas rangkap di kelas I dan II SDN 5 Ponelo Desa Malambe Kecamatan Ponelo Kabupaten Gorontalo Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus.
Pada observasi awal di kelas I dari 8 siswa terdapat 3 siswa yang hasil belajarnya tuntas atau memperoleh nilai 75 ke atas sedangkan di kelas II dari 7 siswa terdapat 3 siswa yang hasil belajarnya tuntas atau memperoleh nilai 75 ke atas. Pada siklus I, dari jumlah siswa secara keseluruhan di kelas I dan II yang memperoleh nilai 75 ke atas sebanyak 8 siswa dari 15 siswa atau sebanyak 60%. Untuk daya serap seluruh siswa terhadap materi yang diajarkan yaitu rata-rata 72,33%. Hasil ini menunjukkan bahwa pelaksanaan siklus I dengan menerapkan model PKR 211 pada proses pembelajaran belum mencapai indikator kinerja karena masih terdapat kelemahan-kelemahan pada pelaksanaan siklus I. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian lanjutan pada siklus II untuk menyempurnakan aspek yang belum dicapai pada siklus I. Pada siklus II nilai siswa kelas I dan II mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas sebanyak 13 siswa dari 15 siswa atau 86,6%. Untuk daya serap siswa terhadap materi yang diajarkan yaitu rata-rata 81,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kelas rangkap model 211 dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya di kelas I dan II SDN 5 Ponelo Desa Malambe Kecamatan Ponelo Kabupaten Gorontalo Utara.
Kata Kunci : Hasil Belajar, PKR Model 211
â
Download berkas