Penulis / NIM
HASMUN S. PASUNE / 151411314
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
Hasmun Pasune. 2015. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Gaya Magnet Melalui Metode Eksperimen di Kelas V SDN 7 Limboto Kabupaten Gorontalo ". skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim M.si, Pembimbing II Gamar Abdullah S.si M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini tentang "Apakah hasil belajar siswa pada materi gaya magnet dikelas V SDN 7 Limboto Kabupaten Gorontalo dapat meningkat melalui pengunaan metode eksperimen?". Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya magnet melalui metode eksperimen dikelas V SDN 7 Limboto Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II dan Masing-masing siklus satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pemantauan evaluasi, analisis dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil pelaksanaan yang dicapai siswa pada siklus I belum menunjukan hasil yang diharapkan, karena 20 siswa yang dikenakan tindakan hanya 11 siswa atau 55% yang memperioleh nilai 75 ke atas sedangkan 9 siswa atau 45% yang memperoleh nilai 75 ke bawah. Tindakan pada siklus II siswa sudah mencapai target karena dari 20 siswa yang di adakan tindakan, 17 siswa atau 85 % memperoleh nilai 75 ke atas sedangkan 3 siswa atau 15% yang memperoleh nilai 75 ke bawah.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya magnet di kelas V SDN No 7 Limboto Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Hasil, Belajar, Eksperimen, Magnet
Download berkas