Penulis / NIM
NIRMALA SANUBARI / 151411316
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Nirmala Sanubari. 2015. Kreativitas Guru Menggunakan Metode Eksperimen Pada Materi Gaya Magnet Siswa Kelas V SDN 4 Botupingge Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidkan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim, M.Si dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin S.Pd, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "bagaimana kreativitas guru menggunakan metode eksperimen pada materi gaya magnet siswa kelas V SDN 4 Botupingge Kabupaten Bone Bolango?". Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kreativitas guru menggunakan metode eksperimen pada materi gaya magnet siswa kelas V SDN 4 Botupingge Kabupaten Bone Bolango. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dengan jenis kualitatif. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan kesimpulan/ verfikasi data.
Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh kreativitas guru menggunakan metode eksperimen pada materi gaya magnet siswa kelas V SDN 4 Botupingge Kabupaten Bone Bolango. Hal ini terlihat dari data hasil observasi proses pembelajaran dan wawancara dengan guru dan kepala sekolah. Dimana dalam observasi proses pembelajaran yang terdiri atas dua aspek yang diamati yakni: kegiatan perencanaan dan pelaksanaan eksperimen yang masing-masing aspek terdapat beberapa hal yang diamati semuanya telah dilaksanakan oleh guru. Serta hasil observasi kreativitas guru menggunakan metode eksperimen pada materi gaya magnet yang terdiri dari dua belas aspek yang diamati terdapat sebelas aspek yang telah dilaksanakan oleh guru kelas V SDN 4 Botupingge tersebut. Kemudian dari hasil wawancara baik dengan guru kelas V maupun dengan kepala sekolah sudah sesuai dengan apa yang diharapkan. Dari jawaban-jawaban yang diberikan oleh informan yang berdasarkan atas indikator penelitian guru sudah memiliki syarat yang bisa dikatakan guru kreatif diantaranya; profesional, memiliki kepribadian, dan menjalin hubungan sosial serta guru mampu melaksanakan eksperimen sesuai prosedur dan tahap-tahap pelaksanannya. Sehingga dapat disimpulkan guru kelas V SDN 4 Botupingge Kabupaten Bone Bolango telah kreatif.
Kata Kunci: Kreativitas, Eksperimen, Magnet
Download berkas