Penulis / NIM
OYIS LAWANI / 151411319
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK
Oyis Lawani. 2015. Deskripsi Model Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Kelas Inklusi di SDN 1 Kabila Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Dr. Asni Ilham, S.Pd, M.Si selaku pembimbing I dan Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II.
Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Model Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Kelas Inklusi di SDN 1 Kabila Kec. Kabila Kab. Bone Bolango. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Model Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Kelas Inklusi di SDN 1 Kabila Kec. Kabila Kab. Bone Bolango. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh dari angket penelitian ini selanjutnya diolah menggunakan analisis deskriptif persentase. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang berjumlah 11 orang.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Model Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Kelas Inklusi di SDN 1 Kabila Kec. Kabila Kab. Bone Bolango dengan melihat aspek model layanan inklusi dan model layanan integrasi belum semua indikator memenuhi kriteria baik. Hal ini dapat dilihat dari rincian sebagai berikut. Untuk model layanan inklusi diperoleh skor keseluruhan sebanyak 581 atau sebesar 61,39% dan model layanan integrasi diperoleh skor keseluruhan sebanyak 74 atau sebesar 60,8%. Maka kedua aspek model layanan ini berada pada kategori baik, akan tetapi belum semua indikatornya memenuhi kriteria baik.
Kata Kunci : Model Pelayanan dan Anak Berkebutuhan Khusus
Download berkas