Penulis / NIM
LIANTI JUNUS / 151411321
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Lianti Junus. 2015. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Pengumuman Melalui Teknik Kerja Kelompok Di Kelas IV SDN 6 Bulango Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd., M.Pd dan pembimbing II Hj.Sumarni Mohamad, S.Pd., M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah melalui teknik kerja kelompok dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis pengumuman di kelas IV SDN 6 Bulango Utara ?". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis pengumuman melalui teknik kerja kelompok di kelas IV SDN 6 Bulango Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan melalui 2 siklus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi.
Hasil observasi awal jumlah siswa yang mampu 5 atau 31,25%, pada siklus I jumlah siswa yang mampu meningkat menjadi 9 atau 56,25% dengan rata-rata 73,95% dan pada siklus II mengalami peningkatan jumlah siswa yang mampu menjadi 13 atau 81,25% dengan rata-rata 93,74%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui teknik kerja kelompok yang telah dicobakan dapat meningkatkan kemapuan siswa menulis pengumuman di kelas IV SDN 6 Bulango Utara Kabupaten Bone bolango.
Kata Kunci : Menulis Pengumuman, Teknik Kerja Kelompok
Download berkas