Penulis / NIM
MOHAMMAD FAHRUL USMAN / 151411322
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstrak
ABSTRAK
Mohamad Fahrul Usman. 2016 "Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran IPA di SDN 3 Kota Barat". Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris Panai, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Sukirman Rahim, M.Si
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran IPA di SDN 3 Kota Barat. Penelitian ini adalah penelitian deskriftif Kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran IPA.
Cara pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan ketrampilan proses pada pembelajaran IPA di SDN 3 Kota Barat diimplementasikan dengan baik oleh sebagian guru yang ada di sekolah ini dikarenakan metode yang digunakan guru berkaitan dengan pendekatan keterampilan proses sesuai dengan indikator yang ada. Hal ini dapat dilihat dari proses prmbelajaran yang ada di kelas IV dan kelas V yang hampir keseluruhan indikator dalam pendekatan keterampilan proses terlaksana dengan baik. Namun untuk kelas VI penerapan pendekatan keterampilan proses belum terlihat dengan jelas ini dikarenakan model yang digunakan guru masih pembelajaran terpusat (teacher centre) yakni menggunakan metode ceramah dan tanya jawab dalam menyampaikan materi sehingga aspek-aspek yang diamati pada ketrampilan proses belum nampak dalam pembelajaran.
Kata kunci : pendekatan keterampilan proses
Download berkas