Penulis / NIM
MICHAEL VANDI PAYUHI / 151411323
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Michael Vandi Payuhi, 2017. Penerapan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa di Kelas V SDN No 20 Pulubala Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah metode diskusi dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa di kelas V SDN No. 20 Pulubala Kabupaten Gorontalo". Tujuan penelitian ini meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan menerapkan metode diskusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, tes dan dokumentasi.
Observasi awal dari 20 siswa 5 siswa atau 25% yang mampu berbicara dan 15 siswa atau 75% yang belum mampu dalam berbicara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode diskusi dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa di kelas V SDN No. 20 Pulubala Kabupaten Gorontalo termasuk dalam kriteria baik hal ini ditunjukkan dengan nilai hasil kemampuan siswa pada siklus I, 6 siswa atau sebesar 30% dan sisanya 14 siswa atau sebesar 70% tidak mampu berbicara melalui metode diskusi. Pada siklus II mampu 18 siswa atau sebesar 90% dan sisanya 2 siswa atau sebesar 10% tidak mampu berbicara melalui metode diskusi. Kesimpulannya metode diskusi telah meningkatkan kemampuan berbicara siswa di kelas V SDN No. 20 Pulubala Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Metode Diskusi, Berbicara
â
Download berkas