Penulis / NIM
SRI RATMY PAGARI / 151411324
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Sri Ratmy Pagari. NIM 151 411 324. Meningkatkan Kemampuan Menggunakan Alat Ukur Berat Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas II SDN 8 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Dan pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd. Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu “Apakah melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan menggunakan alat ukur berat pada siswa kelas II SDN 8 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango? ” Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menggunakan alat ukur berat melalui metode demonstrasi pada siswa kelas II SDN 8 Kabila Bone Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango yang berjumlah 25 orang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yaitu peneliti melakukan pengamatan langsung terhadap subyek penelitian serta melakukan pembelajaran dalam bentuk siklus, dengan tahap-tahap sebagai berikut : persiapan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi berupa lembar pengamatan kegiatan siswa, kegiatan guru serta tes evaluasi untuk mengukur tingkat kemampuan menggunakan alat ukur berat melalui metode demonstrasi pada siswa kelas II SDN 8 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil pada siklus I tentang kemampuan menggunakan alat ukur berat pada siswa kelas II SDN 8 Kabila Bone yang memperoleh nilai 65 ke atas sebanyak 14 orang dengan persentase sebesar 56% dari jumlah siswa 25 orang yang mampu menggunakan alat ukur berat melalui metode demonstrasi. Sedangkan 11 orang siswa atau 44% yang belum mampu menggunakan alat ukur berat melalui metode demonstrasi. Pada siklus II siswa yang mengalami ketuntasan sebanyak 23 orang atau 92% sementara yang belum mampu dan belum mencapai ketuntasan belajar sebanyak 2 orang atau 8% dari jumlah siswa 25 orang. Hasil ini melebihi target indikator keberhasilan sebesar 80% dari jumlah siswa 25 orang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui metode demonstrasi kemampuan menggunakan alat ukur berat pada siswa kelas II SDN 8 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango meningkat.
Kata kunci : Kemampuan, alat ukur berat, metode demonstrasi
Download berkas