Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
ABSTRAK
HERLIN A. WAHIDJI, 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Suku Bangsa Dan Budaya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas IV SDN 2 Bulango Ulu Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si, Pembimbing II Nurhayati Tine, S.Pdi, M.Hi.
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keaneka ragaman suku bangsa dan budaya di kelas IV SDN 2 Bulango Ulu Kabupaten Bone Bolango?. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keaneka ragaman suku bangsa dan budaya melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas IV SDN 2 Bulango Ulu Kabupaten Bone Bolango.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Karakteristik subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 27 orang ,11 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi.
Berdasarkan hasil evaluasi siklus I menunjukkan bahwa dari 27 sebanyak 16 siswa yang tuntas atau 59.25%, sedangkan 11 siswa atau 25% belum tuntas. Sedangkan pada siklus II meningkat sebanyak 24 siswa yang tuntas atau 88.89%, sedangkan 3 siswa atau 11.11% belum tuntas.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman suku bangsa dan budaya di kelas IV SDN 2 Bulango Ulu Kabupaten Bone Bolango.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Keanekaragaman Suku Bangsa dan Budaya, Jigsaw.