Penulis / NIM
SULEMAN TAHIR / 151411327
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Abstrak
ABSTRAK
Suleman Tahir. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Benda dan Sifatnya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas IV SDN II Tolinggula Ulu Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorotanlo.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi benda dan sifatnya dikelas IV SDN II Tolinggula Ulu?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa pada materi benda dan sifatnya dapat meningkat melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV SDN II Tolinggula Ulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Hasil tindakan sikul 1 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD persentase nilai dari observasi awal 58 % meningkat pada sikulus 1 65,5 % sehingga dilakukan tindakan pada siklus 2 diperoleh nilai 83,5 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi benda dan sifatnya dapat meningkat melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat diterima.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Materi Benda dan Sifatnya, Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe STAD
Download berkas