Penulis / NIM
RIZAN DJAILANI / 151411329
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Abstrak
ABSTRAK
Rizan Djailani “ Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Melalui Media Gambar Seri Pada Siswa kelas III SDN 1 Tolinggula Ulu Kabupaten Gorontalo Utara”. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembibing I Dra Ratnarti Pahrun, M.Pd , dan pembimbing II Dra. Hawa Pattiha, S.Pd. M.Pd.
Latar belakang masalah pada penelitian ini ”Apakah dengan menggunakan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan pada siswa Kelas III SDN 1 Tolinggula Ulu ?”
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan melalui media gambar seri pada siswa kelas III SDN 1 Tolinggula Ulu Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tindakan kelas dengan menggunakan analisis data secara kualitatif yang bertujuan sebagai bahan masukan dan informasi yang bermanfaat untuk pengembangan pembelajaran bahasa Indonesia khususnya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Melalui Media Gambar Seri.
Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 60,83 %. Namun hasil belajar tersebut belum mencapai indikator capaian yakni 70%. Maka dilanjutkan pada tindakan siklus II, pada pelaksanaan tindakan siklus II diperoleh hasil belajar siswa sebesar 86,67% atau terjadi peningkatan sebesar 25,83% dari hasil pelaksanaan siklus I. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan melalui media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan dikelas III SDN 1 Tolingggula Ulu Kabupaten Gorontalo Utara “terbukti” dan dapat diterima.
Kata Kunci: Kemampuan, Menulis Karangan dan Media Gambar Seri
Download berkas