SKRIPSI

Penulis / NIM
NUR YULYANTI R. ABAS / 151411333
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Pembimbing 2 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Abstrak
Nur Yulyanti Abas. 2013. Meningkatkan Kemampuan Menjumlah Bilangan Cacah Dengan Teknik Menyimpan Melalui Metode Bermain Pada Siswa Kelas II SDN 2 Tolinggula Pantai Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ismail Pioke, S.Pd. M.Pd dan Pembimbing II Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Si. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu “Apakah metode bermain dapat meningkatkan kemampuan menjumlah bilangan cacah dengan teknik menyimpan pada siswa kelas II SDN 2 Toloinggula Pantai Kecamatan Tolinggula Pantai Kabupaten Gorontalo Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menjumlah bilangan cacah dengan teknik menyimpan melalui metode bermain pada siswa kelas II SDN 2 Tolinggula Pantai Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas II SDN 2 Tolinggula Pantai Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan 4 tahapan meliputi tahap persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi dan analisis dan refleksi. Tehnik Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I terdapat sejumlah 19 orang atau 73.08% siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas dan belum mampu sejumlah 7 orang atau 26.92%, sehingga belum mencapai indikator yang ditetapkan yaitu minimal 75% siswa memperoleh nilai 70 ke atas, sehingga dilanjutkan dengan siklus II. Pada siklus II terdapat sejumlah 23 orang atau 92.31% siswa memperoleh nilai 70 ke atas dan belum mampu sejumlah 2 orang atau 7.69%, dengan demikian indikator telah tercapai dan penelitian dianggap tuntas. Simpulan bahwa metode bermain meningkatkan kemampuan menjumlah bilangan cacah dengan teknik menyimpan pada siswa kelas II SDN 2 Tolinggula Pantai Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Kata Kunci: Kemampuan, Bilangan Cacah, Metode Bermain.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011