ABSTRAK
Ardin Djarai. 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Model Think Pair Share Kelas I SDN 3 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd dan pembimbing II Dra. Hawa Patiiha, S.Pd,M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: apakah kemampuan membaca permulaan model pembelajaran think pair share pada siswa kelas I SDN 3 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui model think pair share pada siswa kelas I SDN 3 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Tilongkabila Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa kemampuan membaca permulaan melalui metode think pair share pada siswa kelas I SDN 3 Tilongkabila pada siklus I ternyata berdampak baik yakni dari 35 orang terdapat 18 orang (51%) yang mampu, siswa yang kurang mampu berjumlah 10 orang (29%) dan yang tidak mampu berjumlah 7 orang (20%). Pada siklus II kemampuan siswa membaca permulaan melalui metode think pair share yang mampu untuk membaca permulaan melalui metode think pair share berjumlah 28 orang ( 77% ), siswa yang kurang mampu berjumlah 7 orang ( 23% ) dan yang tidak mampu tidak ada lagi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode think pair share dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN 3 Tilongkabila Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango.
Kata Kunci : Membaca permulaan, think pair share