Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
ABSTRAK
RAMINA USMAN. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS
Melalui Metode Discovery di SDN 6 Suwawa Tengah Kabupaten Bone Bolango. Skripsi,
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri
Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Samsi
Pomalingo, S.Ag, MA. Permasalahan dalam penelitian adalah apakah melalui metode
discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SDN 6 Suwawa
Tengah Kabupaten Bone Bolango? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil
belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui metode discovery di SDN 6 Suwawa Tengah
Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan
kelas.. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV. Data yang dikumpulkan dari
penelitian ini berupa observasi selama proses pembelajaran berlangsung, hasil observasi
aktivitas guru dan siswa, hasil evaluasi siswa serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian
menunjukkan bahwa ketuntasan yang diperoleh siswa pada observasi awal hanya sejumlah 5
orang atau sebesar 38.5%, pada siklus I menunjukkan ketuntasan sebesar 69.23%. Pada siklus
II menghasilkan ketuntasan 92.30%. Dengan adanya peningkatan tersebut maka dapat
disimpulkan bahwa metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
pembelajaran IPS di SDN 6 Suwawa Tengah Kabupaten Bone Bolango.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Discovey.