Penulis / NIM
KASPA LASESE / 151411337
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Kaspa Lasese. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Bagian Utama Tubuh Hewan dan Kegunaannya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada Siswa Kelas II SDN 12 Bonepantai Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo 2013.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bagian utama tubuh hewan dan kegunaannya di kelas II SDN 12 Bonepantai Kabupaten Bone Bolango?”.
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar IPA siswa pada materi bagian utama tubuh hewan dan kegunaannya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation di SDN 12 Bonepantai Kab. Bone Bolango. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas.
Pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation hasil belajar siswa belum mencapai indikator yang diharapkan yang mana daya serap yang diperoleh pada siklus I sebesar 67,36%. Sehingga dilaksanakan siklus II sebagai refleksi dari siklus I. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dimana daya serap klasikal yang diperoleh menjadi 75,71% atau indikator kinerja tercapai.
Disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Kooperatif , Tipe Group Investigation
Download berkas