SKRIPSI

Penulis / NIM
IBRAHIM BAKARI / 151411338
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK Ibrahim Bakari, 2013 Meningkatkan Kemampuan Menentukan Akar Pangkat Tiga Suatu Bilangan Kubik Melalui Metode Latihan Pada Siswa Kelas VI SDN 10 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, dan selaku Pembimbing 1 Dra.Martianty Nalole,M.Pd dan Pembimbing 2 Dra.Samsiar RivaI.S.Pd.M.Pd. Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Permasalahan dalam Penelitian ini yaitu: “Apakah kemampuan menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik dapat ditingkatkan melalui metode latihan pada siswa kelas VI SDN 10 Kabila Kabupaten Bone Bolango.”? Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik melalui Metode Latihan pada siswa kelas VI SDN 10 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan kemampuan menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik melalui metode Latihan pada siswa kelas VI SDN 10 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 4 tahapan yaitu; dengan tekhnik pengumpulan data sebagai berikut ; Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan, Tahap Pemantauan dan Evaluasi, Tahap Analisis dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil pada siklus 1 tentang kemampuan menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik pada siswa SDN 10 Kabila yaitu dari 19 orang hanya 5 orang atau 26 % yang mampu menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik dan yang belum mampu ada 14 orang atau 74 %. Hal ini belum sesuai dengan indikator kinerja yang ditetapkan, sehingga dilanjutkan pada siklus 2. Pada siklus 2 dari 19 orang siswa yang dikenai tindakan, 15 orang atau 79 % mampu menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik dan yang belum mampu 4 orang atau 21 %. Melihat hasil ini, indikator kinerja yang telah dirumuskan dalam penelitian ini yaitu apabila 75 % dari 19 siswa pada kemampuan menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik dapat tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui metode latihan kemampuan menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik pada siswa kelas VI SDN 10 Kabila Kabupaten Bone Bolango meningkat. Kata Kunci : Menentukan, Akar Pangkat Tiga, Metode Latihan.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011