Penulis / NIM
NURJANA ZAKARIA / 151411339
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Pembimbing 2 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Abstrak
ABSTRAK
Nurjana Zakaria. 2013. Meningkatkan Kemampuan Dalam Menyelesaikan Soal
Cerita Yang Berhubungan Dengan Satuan Kuantitas Melalui Metode Bermain
Peran Pada Siswa Kelas IV SDN 4 Bulango Ulu Kecamatan Bulango Ulu
Kabupaten Bone Bolango. Pembimbing I Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd dan
pembimbing II Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Si Skripsi, Program S1 Jurusan
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri
Gorontalo.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah melalui metode
bermain peran dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita yang
berhubungan dengan satuan kuantitas melalui metode bermain peran pada siswa
kelas IV SDN 4 Bulango Ulu Kecamatan Bulango Ulu Kabupaten Bone Bolango?
Tujuan untuk meningkatakan kemampuan menyelesaikan masalah yang
berhubungan dengan satuan kuantitas melalui metode bermain peran pada siswa
Kelas IV SDN 4 Bulango Ulu Kecamatan Bulango Ulu Kabupaten Bone Bolango.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
yang berlokasi di SDN 4 Bulango Ulu Kecamatan Bulango Ulu kabupaten Bone
Bolango dan subjeknya siswa kelas IV yang berjumlah 13 orang dengan
komposisi 5 laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus
melalui 4 tahap 1) tahap persiapan / perencanaan; 2) tahap pelaksanaan; 3) tahap
pemantauan dan evaluasi; 4) tahap analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan analisis data yang mengunakan
analisis deskritif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan hasil pada siklus I tentang
kemampuan dalam menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan satuan
kuantitas melalui metode bermain peran pada siswa kelas IV SDN 4 Bulango Ulu
Kecamatan Bulango Ulu Kabupaten Bone Bolango yang memperoleh nilai 65 ke
atas sebanyak 3 orang siswa dengan presentase 23% dari jumlah 13 orang siswa
yang mampu menyelesaikan soal cerita satuan kuantitas. Sedangkan 10 orang
siswa atau 77% yang belum mampu menyelesaikan soal cerita satuan kuantitas
melalui metode bermain peran. Pada siklus II siswa yang mengalami ketuntasan
sebanyak 12 orang siswa atau 92% sementara yang belum mampu dan belum
mencapai ketuntasan 1 orang siswa atau 8% dari jumlah 13 orang siswa. Hasil ini
melebihi target keberhasilan sebesar 80% dari jumlah 13 orang siswa. Dengan
demikian disimpulkan bahwa melalui metode bermain peran kemampuan
menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan satuan kuantitas pada siswa
SDN 4 Bulango Ulu Kecamatan Bulango Ulu Kabupaten Bone Bolango
meningkat.
Kata kunci : Kemampuan, soal cerita, satuan kuantitas, bermain peran.
Download berkas