SKRIPSI

Penulis / NIM
NURJANA ZAKARIA / 151411339
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Pembimbing 2 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Abstrak
ABSTRAK Nurjana Zakaria. 2013. Meningkatkan Kemampuan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Yang Berhubungan Dengan Satuan Kuantitas Melalui Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas IV SDN 4 Bulango Ulu Kecamatan Bulango Ulu Kabupaten Bone Bolango. Pembimbing I Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Si Skripsi, Program S1 Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah melalui metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan satuan kuantitas melalui metode bermain peran pada siswa kelas IV SDN 4 Bulango Ulu Kecamatan Bulango Ulu Kabupaten Bone Bolango? Tujuan untuk meningkatakan kemampuan menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan satuan kuantitas melalui metode bermain peran pada siswa Kelas IV SDN 4 Bulango Ulu Kecamatan Bulango Ulu Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlokasi di SDN 4 Bulango Ulu Kecamatan Bulango Ulu kabupaten Bone Bolango dan subjeknya siswa kelas IV yang berjumlah 13 orang dengan komposisi 5 laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus melalui 4 tahap 1) tahap persiapan / perencanaan; 2) tahap pelaksanaan; 3) tahap pemantauan dan evaluasi; 4) tahap analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan analisis data yang mengunakan analisis deskritif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan hasil pada siklus I tentang kemampuan dalam menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan satuan kuantitas melalui metode bermain peran pada siswa kelas IV SDN 4 Bulango Ulu Kecamatan Bulango Ulu Kabupaten Bone Bolango yang memperoleh nilai 65 ke atas sebanyak 3 orang siswa dengan presentase 23% dari jumlah 13 orang siswa yang mampu menyelesaikan soal cerita satuan kuantitas. Sedangkan 10 orang siswa atau 77% yang belum mampu menyelesaikan soal cerita satuan kuantitas melalui metode bermain peran. Pada siklus II siswa yang mengalami ketuntasan sebanyak 12 orang siswa atau 92% sementara yang belum mampu dan belum mencapai ketuntasan 1 orang siswa atau 8% dari jumlah 13 orang siswa. Hasil ini melebihi target keberhasilan sebesar 80% dari jumlah 13 orang siswa. Dengan demikian disimpulkan bahwa melalui metode bermain peran kemampuan menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan satuan kuantitas pada siswa SDN 4 Bulango Ulu Kecamatan Bulango Ulu Kabupaten Bone Bolango meningkat. Kata kunci : Kemampuan, soal cerita, satuan kuantitas, bermain peran.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011