Penulis / NIM
MARYAM MOHAMAD / 151411345
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Maryam Mohamad.2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Cerita Rumpang Melalui Majalah Anak di Kelas IV SDN 3 Bulango Ulu Kabupaten Bone Bolango.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pddan pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Rumusan dalam penelitian ini adalah apakah melalui majalah anak dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerita rumpang di kelas IV SDN 3 Bulango Ulu Kabupaten Bone Bolango?Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis cerita rumpang melalui majalah anak di kelas IV SDN 3 Bulango Ulu Kabupaten Bone Bolango.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tehnik Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, tes dan dokumentasi Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada siklus I kemampuan siswa menulis cerita rumpang melalui majalah anak mencapai 9 orang yang mampu atau 69.24% dan 4 orang masih dalam kategori kurang mampu atau persentase 30.76%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 12 orang yang mampu atau 92.30%.Sedangkan 1 orang masih dalam kategori kurang mampu atau persentase 7.70%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa jika guru menggunakan media majalah anak maka kemampuansiswa melengkapi cerita rumpang di kelas IV SDN 3 Bulango Ulu Kabupaten Bone Bolango dapat meningkat.
Kata Kunci: Cerita Rumpang, Majalah Anak, Menulis.
Download berkas