SKRIPSI

Penulis / NIM
LINTJE AHMAD LAUNUHA / 151411346
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Abstrak
ABSTRAK Lintje A. Launuha. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keseimbangan Ekosistem Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di Kelas VI SDN 6 Kabila Bone Kab. Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo 2013. Permasalahan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation apakah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keseimbangan ekosistem di kelas VI SDN 6 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keseimbangan ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation di SDN 6 Kabila Bone Kab. Bone Bolango. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas VI sejumlah 24 orang siswa yang duduk pada semester ganjil tahun pelajaran 2012-2013 dengan rincian 15 orang siswa perempuan dan dan 9 orang siswa laki-laki. Keseluruhan siswa yang dikenakan tindakan merupakan kelas dengan prestasi sedang pada mata pelajaran IPA. Sedangkan objek penelitian adalah hasil belajar siswa terhadap materi keseimbangan ekosistem. Pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation hasil belajar siswa belum mencapai indikator kinerja yang ditargetkan. Rata-rata kelas yang diperoleh pada siklus I sebesar 67,13 dan jumlah siswa yang tuntas berada di bawah standar yang diinginkan yakni hanya sekitar 66,67%. Sehingga dilaksanakan siklus II sebagai refleksi dari siklus I. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dimana rata-rata kelas yang diperoleh menjadi 85,06 dan jumlah siswa yang tuntas mencapai 83,33% atau indikator kinerja tercapai. Disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Kata Kunci: Hasil Belajar, Kooperatif , Tipe Group Investigation
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011