Penulis / NIM
SARTON ABDULLAH / 151411347
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Sarton Abdullah. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode SAS Di Kelas I SDN 3 Bulango Ulu Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Permsalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui metode SAS dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan kelas I SDN 3 Bulango Ulu Kabupaten Bone Bolango?”. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca permulaan melalui metode SAS Kelas I di SDN 3 Bulango Ulu Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian ini adalah PTK dengan menggunakan analisis data secara deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan jumlah siswa 18 orang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa membaca permulaan di kelas I SDN 3 Bulango Ulu kemampuan pada siklus I sejumlah 12 orang atau sebesar 66.67% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 17 orang atau sebesar 94.44%. Dengan adanya peningkatan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa membaca permulaan di kelas I di SDN 3 Bulango Ulu Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan melalui metode SAS
Kata Kunci: Membaca Permulaan, Metode SAS.
Download berkas