Penulis / NIM
FATMAH DATUAGE / 151411352
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Fatmah Detuage,2013. Meningkatkan Kemampuan Memahami Cerita Dongeng Melalui Metode Demonstrasi di Kelas I SDN 8 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Dra Hawa Pattiiha S.Pd. M.Pd, (2) Sumarni Mohammad, S.Pd. M.Pd
Penelitian ini bermaksud untuk memperoleh gambaran tentang pemahaman siswa dengan menggunakan metode demonstrasi dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia pada pokok materi cerita dongeng dan mengetahui apakah penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi cerita dongeng pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Subjek penelitian yaitu siswa kelas I SDN 8 Kabila Bone.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tindakan kelas dengan menggunakan analisis data secara kualitatifyang bertujuan sebagai bahan masukan dn informasi yang bermanfaat untuk pengembangan pembelajaran Bahasa Indonesia khususny Meningkatkan Kemampuan Memahami Cerita Dongeng di Kelas I SDN 8 Kabila Bone.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan memahami cerita dongeng dari siklus I sampai siklus II. Pada pelaksanaan tes evaluasi hasil belajar siklus I dengan jumlah siswa 32 orang yang tuntas 47 % sedangkan yang belum tuntas 53%. Pada siklus II mengalami peningkatan yakni melalui tes hasil belajar dengan jumlah siswa 32 orang yang tuntas 87,5 % sedangkan yang tidak tuntas 12%,5%. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pemahaman siswa tentang cerita dongeng meningkat.
Kata kunci : cerita dongeng, metodedemonstrasi / peniruan
Download berkas