Penulis / NIM
ALISTA RAIS M. PAKAJA / 151411354
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
ABSTRAK
Alista R M. Pakaja. 2013. Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Model Picture and Picture Siswa Kelas II SDN 2 Bonepantai Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Hj.Salma Halidu, S.Pd.,M.Pd dan Pembimbing II Dr. Jusuf Jafar, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah “ Apakah dengan model Picture and picture dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis permulaan melalui model picture and picture
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas melalui dua siklus, sifat penelitian kualitatif analisis proses, dan kuantitatif analisis hasil. Tujuan penelitian ini meningkatkan kemampuan menulis permulaan melalui model Picture and picture.
Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 62 %. Namun hasil belajar tersebut belum mencapai indikator capaian yakni 70 %. Maka dilanjutkan pada tindakan siklus II. Pada pelaksanaan tindakan siklus II diperoleh hasil belajar siswa sebesar 85 % atau terjadi peningkatan sebesar 24 % dari hasil pelaksanaan siklus I. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Picture and picture, kemampuan menulis permulaan pada siswa kelas II SDN 2 Bonepantai Kabupaten Bone bolango meningkat.
Kata Kunci : Menulis Permulaan dan Model Picture-and picture
Download berkas