Penulis / NIM
IRMAWATI NEY / 151411355
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK
Irmawati Ney, 2013. Meningkatkan Kemampuan Menyimak melalui Permainan
Bisik Berantai pada Siswa Kelas V SDN 6 Bonepantai Kabupaten Bone Bolango.
Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Hj. Sumarni Mohammad, S.Pd,
M.Pd, dan Pembimbing II, Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan menyimak pada
siswa Kelas V SDN 6 Bonepantai Kabupaten Bone Bolango dapat
ditingkatkan melalui permainan bisik berantai? Adapun tujuan penelitian ini
adalah untuk meningkatkan kemampuan menyimak pada Siswa Kelas V SDN 6
Bonepantai Kabupaten Bone Bolango melalui permainan bisik berantai.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan
kelas melalui dua siklus. Sifat penelitian kualitatif analisis proses, dan kuantitatif
analisis hasil. Tujuan penelitian ini memperbaiki jalannya proses belajar mengajar
dalam upaya meningkatkan kemampuan menyimak melalui permainan bisik
berantai.
Hasil penelitian pada siklus mengalami peningkatan 12 orang (60%) yang
mampu menyimak, siklus II menjadi 17 orang (85%) yang mampu menyimak.
Hasil aktivitas guru pada siklus I yang diperoleh guru mitra sebanyak 16 aspek
(66,6%). Sedangkan peneliti mencapai 15 aspek (62,5%). Selanjutnya hasil
pengamatan aktivitas guru pada siklus II yang diperoleh guru mitra sebanyak
22 aspek (91,6%). Sedangkan peneliti mencapai 23 aspek (96%). Sehingga
kegiatan belajar mengajar tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya.
Dapatlah disimpulkan bahwa dengan menggunakan permainan bisik berantai
kemampuan menyimak siswa Kelas V SDN 6 Bonepantai Kabupaten Bone
Bolango dapat meningkat .
Kata Kunci: Menyimak dan Permainan Bisik Berantai.
Download berkas