Penulis / NIM
YUZLAN GOBEL / 151411356
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Yuzlan Gobel. 2012. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Gambar Seri Di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-A’raf Dambalo Kecamatan Tomilito Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan media gambar seri dapat meningkatan kemampuan siswa berbicara di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-A’raf Dambalo Kecamatan Tomilito Kabupaten Gorontalo Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui gambar seri di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-A’raf Dambalo Kecamatan Tomilito Kabupaten Gorontalo Utara.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-A’raf Dambalo Kecamatan Tomilito Kabupaten Gorontalo Utara. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi dan dokumentasi serta wawancara.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti maka diperoleh hasil bahwa pada siklus I kemampuan siswa berbicara meningkat menjadi 7 orang atau persentase 58.33% dan yang tidak mampu sejumlah 5 orang atau 41.67%. Selajutnya pada tindakan siklus II kemampuan siswa berbicara lebih meningkat menjadi 11 orang atau persentase 91.67% dan tidak mampu tinggal sejumlah 1 orang atau 8.33%. Simpulannya bahwa penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-A’raf Dambalo Kecamatan Tomilito Kabupaten Gorontalo Utara
Kata Kunci: Kemampuan Berbicara, Gambar Seri.
Download berkas