Penulis / NIM
ALI MARLIA / 151411360
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Abstrak
ABSTRAK
Ali Marlia. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Alat
Pencernaan Makanan Manusia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Student Team Achievement Devisions (STAD) Di Kelas V SDN I
Tolinggula Pantai Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara.
Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Gorontalo. Pembibing I. Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd,
M.Pd , dan pembimbing II. Dr. Lukman A.R. Laliyo, M.Pd, MM.
Rumusan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa Kelas
V SDN 1 Tolinggula Pantai pada materi alat pencernaan makanan manusia.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan
Kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan pada siklus I diperoleh bahwa hasil belajar
siswa sebesar 73.57%. Namun hasil belajar tersebut belum mencapai indikator
capaian yakni 75%. Maka dilanjutkan pada tindakan siklus II, pada pelaksanaan
tindakan siklus II diperoleh hasil belajar siswa sebesar 78.92% atau terjadi
peningkatan sebesar 5.35% dari hasil pelaksanaan siklus I. Disimpulkan bahwa
dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi alat pencernaan makanan pada
manusia di kelas V SDN 1 Tolinggula Pantai.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Student-Team Achievement Devisions (STAD),
Hasil Belajar Siswa
Download berkas