SKRIPSI

Penulis / NIM
ALI MARLIA / 151411360
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Abstrak
ABSTRAK Ali Marlia. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Alat Pencernaan Makanan Manusia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Devisions (STAD) Di Kelas V SDN I Tolinggula Pantai Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembibing I. Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd , dan pembimbing II. Dr. Lukman A.R. Laliyo, M.Pd, MM. Rumusan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SDN 1 Tolinggula Pantai pada materi alat pencernaan makanan manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan pada siklus I diperoleh bahwa hasil belajar siswa sebesar 73.57%. Namun hasil belajar tersebut belum mencapai indikator capaian yakni 75%. Maka dilanjutkan pada tindakan siklus II, pada pelaksanaan tindakan siklus II diperoleh hasil belajar siswa sebesar 78.92% atau terjadi peningkatan sebesar 5.35% dari hasil pelaksanaan siklus I. Disimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi alat pencernaan makanan pada manusia di kelas V SDN 1 Tolinggula Pantai. Kata Kunci: Model Pembelajaran Student-Team Achievement Devisions (STAD), Hasil Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011