SKRIPSI

Penulis / NIM
MASRITA S MAELE / 151411362
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
ABSTRAK Marsita S. Maele, 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Puisi melalui Pendekatan Komunikatif di Kelas II SDN 3 Bulawa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II, Dr. Yusuf Jafar, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan siswa membaca puisi di SDN 3 Bulawa Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan melalui pendekatan komunikatif? Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan perbaikan proses dan hasil belajar mengajar dalam meningkatkan kemampuan membaca puisi melalui pendekatan komunikatif pada siswa kelas II SDN 3 Bulawa Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas melalui dua siklus. Sifat penelitian kualitatif analisis proses, dan kuantitatif analisis hasil. Tujuan penelitian ini memperbaiki jalannya proses belajar mengajar dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca puisi melalui pendekatan komunikatif. Hasil penelitian pada siklus mengalami peningkatan 12 orang (60%) yang mampu membaca puisi, siklus II menjadi 17 orang (85%) yang mampu membaca puisi. Hasil aktivitas guru pada siklus I yang diperoleh guru mitra sebanyak 16 aspek (66,6%). Sedangkan peneliti mencapai 15 aspek (62,5%). Selanjutnya hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus II yang diperoleh guru mitra sebanyak 22 aspek (91,6%). Sedangkan peneliti mencapai 23 aspek (96%). Sehingga kegiatan belajar mengajar tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Dapatlah disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan komunikatif kemampuan membaca puisi pada siswa Kelas II di SDN 3 Bulawa Kabupaten Bone Bolango dapat meningkat . Kata Kunci: Membaca Puisi dan Pendekatan Komunikatif
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011