Penulis / NIM
MASRITA S MAELE / 151411362
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
ABSTRAK
Marsita S. Maele, 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Puisi
melalui Pendekatan Komunikatif di Kelas II SDN 3 Bulawa Kabupaten Bone
Bolango. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu
Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Hj. Salma
Halidu, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II, Dr. Yusuf Jafar, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan siswa membaca
puisi di SDN 3 Bulawa Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan melalui
pendekatan komunikatif? Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan
perbaikan proses dan hasil belajar mengajar dalam meningkatkan kemampuan
membaca puisi melalui pendekatan komunikatif pada siswa kelas II SDN 3
Bulawa Kabupaten Bone Bolango.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
tindakan kelas melalui dua siklus. Sifat penelitian kualitatif analisis proses, dan
kuantitatif analisis hasil. Tujuan penelitian ini memperbaiki jalannya proses
belajar mengajar dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca puisi
melalui pendekatan komunikatif.
Hasil penelitian pada siklus mengalami peningkatan 12 orang (60%) yang
mampu membaca puisi, siklus II menjadi 17 orang (85%) yang mampu
membaca puisi. Hasil aktivitas guru pada siklus I yang diperoleh guru mitra
sebanyak 16 aspek (66,6%). Sedangkan peneliti mencapai 15 aspek (62,5%).
Selanjutnya hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus II yang diperoleh guru
mitra sebanyak 22 aspek (91,6%). Sedangkan peneliti mencapai 23 aspek
(96%). Sehingga kegiatan belajar mengajar tidak perlu dilanjutkan ke siklus
berikutnya.
Dapatlah disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan komunikatif
kemampuan membaca puisi pada siswa Kelas II di SDN 3 Bulawa Kabupaten
Bone Bolango dapat meningkat .
Kata Kunci: Membaca Puisi dan Pendekatan Komunikatif
Download berkas