Penulis / NIM
RAPI U. PAKAJA / 151411363
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstrak
ABSTRAK
Rapi U. Pakaja. 2012. Meningkatkan Kemampuan Menentukan Lama Suatu Kegiatan Berlangsung Melalui Media Jam Pada Siswa Kelas I SDN No 10 Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo 2012.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan media jam dapat meningkatkan kemampuan menentukan lama suatu kegiatan pada siswa kelas I SDN No. 10 Kota Barat Kota Gorontalo?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menentukan lama suatu kegiatan berlangsung melalui media jam pada siswa di kelas I SDN No. 10 Kota Barat Kota Gorontalo.
Subyek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas I dengan jumlah keseluruhan 24 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan, sedangkan objek penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menentukan lama suatu kegiatan berlangsung melalui media jam.
Pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan menerapkan media jam, kemampuan siswa telah mencapai indikator kinerja yang tetapkan. Jumlah siswa yang tuntas pada siklus I telah mencapai target yang diinginkan yakni 18 orang siswa atau 75%. Namun utnuk lebih meyakinkan dan membuktikan media yang digunakan, sehingga dilaksanakan siklus II sebagai refleksi dari siklus I. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dimana jumlah siswa yang tuntas mencapai 22 orang atau 91,67%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media jam dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menentukan lama suatu kegiatan berlangsung.
Kata Kunci: Kemampuan, Lama Suatu Kegiatan berlangsung, Media Jam
Download berkas