Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
ABSTRAK
AmrinAbubakar. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Perkembangbiakan Hewan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas VI SDN No.1 Kota Barat Kota Gorontalo. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Prof. Dr. Hi. Abd. Haris PanaI, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd.
Rumusan Masalah dalam penelitian adalah apakah dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa Materi Perkembang biakan Hewan di SDN No.1 Kota Barat, Kota Gorontalo, Penelitian bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangbiakan Hewan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw di Kelas VI SDN No. 1 Kota Barat Kota Gorontalo melalui Penelitian Tindakan Kelas. Hipotesis Tindakan Pada penelitian ini adalah “Jika dalam pembelajaram materi Perkembangbiakan Hewan digunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw maka hasil belajar siswa di Kelas VI SDN No.1 Kota Barat Meningkat” selanjutnya hasil penelitian menunjukan bahwa dengan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Perkembangbiakan Hewan, hal ini nampak pada hasil siklus I Mencapai 61,11 % (11 siswa), dan pada siklus II 94,44 % (17 siswa) dari 18 siswa. Berdasarkan data tersebut dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw sangat tepat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VI SDN No. 1. Kota Barat Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Kooperatif Tipe Jigsaw