Penulis / NIM
ARYATI K. ALI / 151411365
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstrak
ABSTRAK
Aryati K. Ali, 2013. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Materi Faktor Persekutuan Terbesar Melalui Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas IV SDN 6 Bone Kabupaten Bone Bolango. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II, Dra. Martianty Nalole, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan menyelesaikan soal cerita materi faktor persekutuan terbesar pada siswa Kelas IV SDN 6 Bone Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan melalui metode bermain peran? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita materi faktor persekutuan terbesar melalui metode bermain peran pada siswa Kelas IV SDN 6 Bone Kabupaten Bone Bolango.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing dilaksanakan melalui empat tahap, yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analsis dan refleksi. Teknik pengumpulan data terdiri dari: lembar pengamatan untuk menilai kegiatan guru, lembar pengamatan untuk menilai kegiatan siswa, dan lembar tes. Analisis data dilaksanakan secara kualitatif dan kuantitatif pada setiap akhir siklus pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I terdapat 8 orang siswa atau 53 % yang memperoleh nilai 60 ke atas dan mampu menyelesaikan soal cerita materi faktor persekutuan terbesar melalui metode bermain peran, serta 12 orang siswa atau 57 % yang memperoleh nilai 60 ke bawah dan belum mampu menyelesaikan soal cerita materi faktor persekutuan terbesar melalui metode bermain peran. Sehingga pada siklus I belum tercapai indikator yang diharapkan yakni minimal 12 orang siswa atau 80 % yang memperoleh nilai 60 ke atas. Pada siklus II terdapat 12 orang siswa atau 80 % yang mampu menyelesaikan soal cerita materi faktor persekutuan terbesar melalui metode bermain peran, serta 3 orang siswa atau 20 % yang belum mampu menyelesaikan soal cerita materi faktor persekutuan terbesar melalui metode bermain. Dengan demikian disimpulkan bahwa melalui metode bermain peran kemampuan menyelesaikan soal cerita materi Faktor Persekutuan Terbesar pada siswa Kelas IV SDN 6 Bone Kabupaten Bone Bolango meningkat.
Kata Kunci: Soal Cerita, Faktor Persekutuan Terbesar dan Bermain Peran.
Download berkas