Penulis / NIM
ISRA MOODUTO / 151411367
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Abstrak
ABSTRAK
Isra Mooduto. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Bentuk Daun Melalui Pendekatan Lingkungan Pada Siswa Kelas III SDN 3 Dambalo Kecamatan Tomilito Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd M.Pd dan Pembimbing II Dr. Lukman AR. Lahiyo, S.Pd, M.Pd, MM.
Permasalahan dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar bentuk daun pada siswa kelas III SDN 3 Dambalo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar bentuk daun melalui pendekatan lingkungan pada siswa kelas III SDN 3 Dambalo Kecamatan Tomilito Kabupaten Gorontalo Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas III SDN Dambalo. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Dambalo. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini berupa observasi selama proses pembelajaran berlangsung, hasil observasi aktivitas guru dan siswa, hasil evaluasi siswa serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan yang diperoleh siswa pada observasi awal hanya sejumlah 5 orang atau sebesar 22.73%, pada siklus I menunjukkan skor rata-rata perolehan siswa sebesar 68,18 dengan ketuntasan sebesar 54.55%. Pada siklus II menghasilkan skor rata-rata perolehan siswa sebesar 80 dengan ketuntasan 90.91%. Dengan adanya peningkatan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar bentuk daun pada siswa kelas III SDN 3 Dambalo.
Kata Kunci: Bentuk Daun, Pendekatan Lingkungan
Download berkas