Penulis / NIM
MELLY BAWOEL / 151411368
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Melly Bawoel. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Surat Pribadi Melalui Model Think Pair Share Di Kelas IV SDN 1 Bualemo Kecamatan Kwandang
Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum
Adapun permsalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah penggunaan model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis surat pribadidi kelas IV SDN 1 Bualemo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara?"Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis surat pribadi melalui model Think Pair Sharedi kelas IV SDN 1 Bualemo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara.
Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dan 4 tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian pada observasi awal 35.45% atau 11 siswa. Siklus I 67.74% atau 21 siswa selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 90.32% atau 28 siswa. Kesimpulan bahwa penggunaan model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis surat pribadi di kelas IV SDN 1 Bualemo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara.
Kata Kunci: Menulis, Surat Pribadi, Think Pair Share (TPS).
Download berkas