Penulis / NIM
RAHMAWATY MAS NUSI / 151411370
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK
Rahmawaty Mas Nusi. NIM 151411370. 2013. Meningkatkan Kemampuan Membandingkan Panjang Benda Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas I SDN NO. 1 Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Asni Ilham, S.Pd,M.Si dan Pembimbing II Ismail Pioke S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan membandingkan panjang benda pada siswa kelas I di SDN No.1 Kota Barat Kota Gorontalo?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membandingkan panjang benda melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas I SDN No. 1 Kota Barat Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu; tahap perencanaan, pelaksanaan, pantauan dan evaluasi serta tahap analisis dan refleksi.teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan pemberian tes.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I terdapat 14 orang atau 53,33% dari 30 siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas dengan demikian belum mencapai indikator kinerja yakni 75% siswa memperoleh nilai 70 ke atas, sehingga dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II terdapat 25 siswa atau 83.88% siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas dan indikator telah tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan melalui pendekatan kontekstual kemampuan siswa kelas I SDN No. 1 Kota Barat dalam membandingkan panjang benda meningkat.
Kata Kunci: Kemampuan, membandingkan, pendekatan kontekstual.
Ersembahan
Download berkas