Penulis / NIM
SALMA H. MOHAMMAD / 151411371
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
ABSTRAK
SALMA H. MOHAMMAD. 2012. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Narasi Melalui Pendekatan Kontekstual di Kelas V SDN 2 Bonepantai. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd., dan pembimbing II M.Pd., Dr Yusuf Jafar, M.Pd.
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah : “ Apakah kemampuan menulis narasi dapat ditingkatkan melalui pendekatan kontekstual bagi siswa Kelas V SDN 2 Bonepantai?”. Tujuan penelitian ini adalah melakukan upaya perbaikan jalannya proses belajar mengajar dan hasil belajar menulis narasi melalui pendekatan kontekstual bagi siswa kelas V SDN 2 Bonepantai Kabupaten Bone Bolango.
Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan, tahap analisis dan refleksi..
Berdasarkan penelitian tindakan kelas ini pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 13 orang (65%), siklus II menjadi 17 orang (80%). Data selisih dari hasil pelaksanaan pembelajaran yakni siklus I mencapai 65 % atau meningkat 15 % dari hasil observasi awal, dan siklus II mencapai 80 % atau meningkat 10 % dari hasil siklus I. Data perbandingan pengamatan aktivitas guru pada siklus I yang diperoleh guru mitra sebanyak 16 aspek atau 66,6 %. Sedangkan peneliti mencapai 15 aspek atau 62,5 %. Selanjutnya data perbandingan hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus II yang diperoleh guru mitra sebanyak 22 aspek atau 91,6 %. Sedangkan peneliti mencapai 23 aspek atau 96 %. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan kontekstual, kemampuan siswa menulis narasi di kelas V SDN 2 Bonepantai Kabupaten Bone Bolango meningkat.
Kata Kunci: Kemampuan Menulis Narasi, Pendekatan Kontekstual.
Download berkas