SKRIPSI

Penulis / NIM
YUSNIAR ISHAK SAUD / 151411374
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstrak
ABSTRAK Yusniar Ishak Saud. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Persebaran Sumber Daya Alam Serta Pemanfaatannya Untuk Kegiatan Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Keoperatif Tipe Jigsaw di Kelas IV di SDN 2 Bonepantai Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Hj. Hakop Walangadi.,M.Si dan Pembimbing II Muchtar Ahmad, S.Pd.,M.Si. Permasalahan dalam penelitian ini bahwa “Apakah Melalui Model Pembelajaran Keoperatif Tipe Jigsaw dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran IPS Materi Persebaran Sumber Daya Alam Serta Pemanfaatannya Untuk Kegiatan Ekonomi di kelas IV di SD Negeri 2 Bonepantai Kabupaten Bone Bolango”.Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui Pembelajaran Keoperatif Tipe Jigsaw pada mata pelajaran IPS Materi Persebaran Sumber Daya Alam Serta Pemanfaatannya Untuk Kegiatan Ekonomi di kelas IV di SD Negeri 2Bone Pantai Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. dengan menggunakan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif yang bertujuan sebagai bahan masukan dan informasi yang bermanfaat untuk pengembangan pembelajaran IPS khususnya materi persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi melalui Pembelajaran Keopratif Tipe Jigsaw. Hasil tindakan melalui siklus I, dengan jumlah siswa yang dikenakan tindakan 16 orang Dengan hasil belajar menunjukan bahwa 9 siswa atau 56 % memperoleh kriteria tuntas sementara 7 siswa atau 44 % belum tuntas atau belum memenuhi kriteria ketuntasan. Namun setelah dilakukan tindakan melalui siklus II jumlah siswa yang dikenakan tindakan 16 orangterdapat 14 siswa atau 88% mencapai kriteria tuntas dalam meningkatkan hasil belajarnya, sementara 2 siswa atau 12 % mencapai kriteria belum tuntas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipetesis tindakan” Jika Guru Menerapkan model pembelajaran kooperatif model jigsaw hasil belajar siswa pada materi persebaran sumber daya alam serta pemanfaatanya untuk kegiatan ekonomi pada pelajarn IPS dapat meningkat dengan baik. Kata Kunci :Hasil Belajar dan Model Pembelajaran Tipe Jigsaw
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011