Penulis / NIM
YULIANA AKASEH / 151411375
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Yuliana Akase, 2013. Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah
melalui Metode Iqra’ pada Siswa Kelas II SDN 11 Bone Pantai Kabupaten
Bone Bolango. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu
Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Hj. Salma
Halidu, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II, Hj. Sumarni Mohammad, S.Pd,
M.Pd.
Permasalahan yang peneliti angkat dalam penelitian ini adalah apakah
kemampuan membaca huruf hijaiyah pada Siswa Kelas II SDN 11 Bone Pantai
Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan melalui metode Iqra? Adapun
tujuan dari penelitian ini adalah adalah untuk meningkatkan kemampuan
membaca huruf hijaiyah pada Siswa Kelas II SDN 11 Bonepantai Kabupaten
Bone Bolango melalui metode Iqra’.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian
Tindakan Kelas yang dilakukan dua siklus. Sifat penelitiannya adalah
kualitatif, sedangkan analisis proses hasilnya adalah kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kemampuan membaca huruf hijaiyah
pada Siswa Kelas II SDN 11 Bonepantai Kabupaten Bone Bolango dapat
ditingkatkan melalui metode Iqra’. Pada observasi awal kemampuan membaca
huruf hijaiyahnya hanya 37,5 % atau 9 dari 24 orang siswa yang diteliti, pada
siklus I kemampuan membaca huruf hijaiyahnya mengalami peningkatan
hingga mencapai 58,3 % atau 14 orang siswa, dan pada tindakan siklus II
sebagai akhir dari penelitian ini kemampuan membaca huruf hijaiyahnya
meningkat menjadi 91,7 % atau 22 orang siswa.
Kata Kunci: Huruf Hijaiyah dan Metode Iqra’
Download berkas