SKRIPSI

Penulis / NIM
ROBIANA USMAN / 151411377
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK Robiana Usman, 2013. Meningkatkan Pemahaman Konsep Nilai Tempat Melalui Metode Bermain Pada Siswa Kelas II SDN 1 Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Samsiar RivaI,S.Pd.M.Pd Masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui metode bermain pemahaman konsep nilai tempat pada siswa kelas II SDN 1 Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara dapat meningkat?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep nilai tempat melalui metode bermain pada siswa kelas II SDN 1 Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas II SDN 1 Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Karakteristik subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II yang berjumlah 20 orang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan melalui 4 tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I terdapat 15 orang atau 75%, dengan demikian indikator kinerja yakni 80% siswa memperoleh nilai 70 ke atas belum tercapai dan dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II terdapat 19 orang 95% siswa meperoleh nilai 70 ke atas, sehingga indikator kinerja telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa melalui metode bermain pemahaman konsep nilai tempat pada siswa II SDN 1 Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara meningkat. Kata Kunci: Pemahaman, Konsep, Nilai, Tempat, Metode Bermain.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011