SKRIPSI

Penulis / NIM
SURIATY MANUNGE / 151411378
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK Suriaty Manunge, 2012. Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Aturan-Aturan Yang Berlaku Dilingkungan Masyarakat Sekitar Melalui Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Pada Pembelajaran PKn Di Kelas III SDN 1 Posso Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd, Pembimbing II Nurhayati Tine, S.Pdi, M.Hi. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap materi aturan-aturan yang berlaku dilingkungan masyarakat sekitar pada pembelajaran PKn. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar melalui model pembelajaran Group Investigation (GI) pada mata pelajaran PKn di kelas III SDN 1 Posso Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas III SDN 1 Posso Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Karakteristik subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang berjumlah 20 orang terdiri dari 7 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dilaksanakan satu kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan satu kali pertemuan yang setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Dari hasil refleksi pada setiap siklus baik nilai rata-rata maupun aktivitas siswa pada setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan. Pemahaman siswa pada tindakan siklus I dari 3 aspek yang dinilai terdapat 13 orang siswa atau 65% yang paham, dan 7 orang siswa atau 35%, yang tidak paham. Jika dibandingkan dengan hassil observasi awal yang hanya 8 orang atau 40% yang paham, berarti ada kenaikan 25%. Pada siklus II mengalami peningkatan dimana dari 3 aspek pengamatan pemahaman siswa pada tindakan siklus II, ada 16 orang siswa atau dengan persentase 80% mencapai pemahaman dengan baik sedangkan 4 orang siswa dengan persentase 20% tidak paham pada materi yang telah diajarkan Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas III SDN 1 Posso Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara pada materi aturan-aturan yang berlaku dilingkungan masyarakat sekitar pada pembelajaran PKn. Kata Kunci: Pemahaman Siswa, Model Pembelajaran Group Investigation (GI)
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011