SKRIPSI

Penulis / NIM
ERVINA DJA'FAR / 151411379
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstrak
ABSTRAK Ervina Dja'Far. 151 411 379, Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Dambalo Kecamatan Tomilito Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Dra. Martianty Nalole, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini “Apakah pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita materi KPK pada siswa kelas IV SDN 3 Dambalo Kecamatan Tomilito Kabupaten Gorontalo Utara dapat ditingkatkan melalui pendekatan kontekstual”?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita materi KPK melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas IV SDN 3 Dambalo Kecamatan Tomilito Kabupaten Gorontalo Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap persiapan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, serta tahap analisis dan refleksi. Tehnik Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I terdapat 18 orang atau 78.26% siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai 70 ke atas. Dengan demikian, indikator kinerja yakni minimal 80% siswa memperoleh nilai 70 ke atas belum tercapai, sehingga dilanjutkan ke siklus II. pada tindakan siklus II terdapat 22 orang atau 96.56% siswa telah memperoleh nilai 70 ke atas, ini berarti indikator kinerja telah tercapai dan pembelajaran dianggap tuntas. Kesimpulan bahwa melalui pendekatan kontekstual kemampuan menyelesaikan soal cerita materi KPK pada siswa kelas IV SDN 3 Dambalo Kecamatan Tomilito Kabupaten Gorontalo Utara meningkat. Kata Kunci: Kemampuan, Menyelesaikan Soal Cerita, KPK, Pendekatan Kontekstual.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011