Penulis / NIM
NURLELA PULUHULAWA / 151411380
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK
Nurlela Puluhulawa. 2013, Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Materi Uang Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) Pada Siswa Kelas III SDN 3 Moluo Kecamatan Kwandang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd. M.Si dan pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd. M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui metode bermain peran (role playing) dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita materi uang pada siswa kelas III SDN 3 Moluo Kecamatan Kwandang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita materi uang melalui metode bermain peran (Role Playing) pada siswa kelas III SDN 3 Moluo Kecamatan Kwandang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus di kelas III SDN 3 Moluo Kecamatan Kwandang dengan melalui 4 tahap yaitu persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi serta analisis dan refleksi. Tehnik Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi aktivitas guru dan siswa, dokumentasi, tes dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dari 28 siswa yang dikenai tindakan terdapat 20 siswa atau 71.43% yang memperoleh nilai 70 ke atas, sehingga belum mencapai indikator, yakni 85% siswa memperoleh nilai 70 ke atas. Pada siklus II terdapat 26 siswa atau 92.86%, memperoleh nilai 70 ke atas. Dengan demikian, indikator telah tercapai dan pembelajaran dianggap tuntas. Kesimpulan bahwa melalui metode bermain peran (Role Playing) kemampuan menyelesaikan soal cerita materi uang pada siswa kelas III SDN 3 Moluo Kecamatan Kwandang meningkat.
Kata Kunci: Kemampuan, Soal Cerita, Bermain Peran (Role Playing)
Download berkas